Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan saat Meminta Saran kepada Orang Lain

meminta saran
Meminta saran kepada orang lain sering dilakukan saat sedang bingung dan tidak tahu langkah yang harus diambil. Nah, sebenarnya tidak ada yang salah ketika memang perlu meminta saran kepada orang lain.

Namun ada juga hal penting yang sekiranya perlu diperhatikan. Salah satunya yaitu tidak berlebihan saat meminta saran kepada orang lain. Berlebihan yang seperti apa dan bagaimana? Yuk, segera pahami melalui lima tanda berikut.

1. Meminta orang lain untuk memberikan saran yang pasti cocok dan sesuai

Namanya saja sebuah saran, tentunya saran yang diberikan adalah menurut pendapat pribadi masing-masing. Terlepas dari apa dasar utama seseorang dalam memberikan saran, semua sifatnya hanya mendekati dan tidak bisa selalu cocok.

Jika kamu meminta orang lain untuk memberi saran yang pasti cocok dan sesuai untukmu, bukankah hal itu cukup berlebihan? Sebaiknya dengarkan saja dulu apa saran yang diberikan padamu barulah pikirkan kembali apakah saran tersebut cocok dan sesuai untukmu.

2. Meminta orang lain untuk menjamin keberhasilan dari saran yang sudah diberikan

Rasanya tidak ada saran yang bisa dijamin pasti berhasil. Saran yang diterima hanyalah semacam panduan yang bisa membantu diri untuk mengetahui arah dan langkah yang harus dilakukan.

Namun yang harus melaksanakan saran tersebut tetap diri sendiri, bukan? Jadi, jangan terlalu terpaku pada saran yang diterima. Ambil sisi positif yang bisa diambil dan jika perlu dilaksanakan, laksanakanlah dengan rasa tanggung jawab ya.

3. Meminta saran sambil mengkritik habis-habisan

Hindari sikap yang satu ini jika kamu hendak meminta saran kepada orang lain. Sebaiknya, jangan pernah meminta saran sambil mengkritik orang yang dimintai saran. Apalagi mengkritik habis-habisan hanya karena menurutmu ada yang tidak sesuai.

Mengapa? Ya, rasanya kurang etis dan terlalu berlebihan jika sampai dilakukan. Mengingat kalau dirimu sebenarnya sedang meminta saran kepada orang lain. Bijaklah dalam memahami situasi yang sedang terjadi agar tidak timbul kesalahpahaman yang sebenarnya tidak perlu.

4. Menampakkan sikap dan bahasa tubuh yang kurang menghargai orang yang dimintai saran

Sebaiknya jangan anggap sepele bahasa tubuh ketika hendak berkomunikasi atau meminta saran kepada orang lain. Sebab, bahasa tubuh juga salah satu bentuk komunikasi yang penting untuk diperhatikan.

Meski tanpa kata-kata, berlebihan rasanya jika dirimu meminta saran namun dengan sikap dan bahasa tubuh yang kurang menghargai lawan bicara. Jadi, cobalah untuk lebih peka dan berhati-hati saat menampilkan bahasa tubuh ya.

5. Meminta saran tanpa didasari alasan yang cukup penting dan jelas

Sebaiknya jangan meminta saran dari orang lain tanpa didasari alasan yang cukup penting dan jelas. Sebab hal itu hanya akan membuang-buang waktumu dan waktu orang yang dimintai saran. Selain itu, bukankah cukup berlebihan jika meminta saran tanpa alasan yang penting dan jelas? Orang lain pun mungkin akan merasa malas jika di lain waktu kamu kembali meminta saran.

Jadi, itulah lima tanda kalau kamu terlalu berlebihan saat meminta saran kepada orang lain. Sebaiknya pahami dengan baik tanda-tanda di atas agar dapat meminta saran dengan cara yang baik dan tepat. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan saat Meminta Saran kepada Orang Lain"