Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Pentingnya Komunikasi Sehat dalam Sebuah Hubungan

Menapaki hubungan yang sehat dan serius dengan orang lain bukanlah hal mudah. Kesalahpahaman kecil bisa berpotensi merusak tahun-tahun kebersamaan kalian, memutus seluruh rantai cinta dan kepercayaan yang selama ini susah payah dibangun. Namun sadar gak sih, bahwa akar dari semua kesalahpahaman adalah kurangnya komunikasi?

5 Pentingnya Komunikasi Sehat dalam Sebuah Hubungan

Entah kamu yang tak mau terbuka dengan doi, atau lebih suka mengambil kesimpulan sendiri alih-alih mendengar penjelasan kekasihmu, keduanya sama-sama kebiasaan buruk. Ini 5 alasan mengapa komunikasi penting dalam sebuah hubungan:

1. Seluruh dugaan atau asumsimu adalah ketidakpastian

Jangan langsung menelan mentah-mentah seluruh kekhawatiranmu. Ingatlah bahwa dugaan, pikiran negatif, dan asumsi kita adalah sesuatu yang tak pasti. Tanpa bertanya langsung dan mendengar penjelasan pasanganmu, kamu hanya akan terjebak dalam ketidakpastian itu.

Bila pikiran negatif itu terus berkembang dan merambah ke ranah lebih serius, bisa-bisa berakibat buruk pada kesehatan fisik maupun mentalmu.

2. Komunikasi dapat membangun kepercayaanmu dengan doi

Rasa percaya adalah salah satu fondasi yang penting dalam membangun relasi. Namun tentu, butuh waktu yang tidak sebentar untuk membangun kepercayaan. Kamu harus melewati langkah demi langkah untuk mengenal seseorang sebelum memutuskan untuk menaruh rasa percaya padanya.

Komunikasi yang terbuka antara kamu dan pasangan dapat membangun kepercayaan dalam hubungan kalian. Dengan adanya rasa saling percaya, masing-masing dari kalian memiliki rasa percaya diri untuk bersama-sama menapaki hubungan ke arah yang lebih serius.

3. Mencari jalan keluar atas perbedaan pendapat

Tak dapat dimungkiri, perdebatan adalah hal yang lumrah dalam sebuah hubungan. Bila kamu memutuskan untuk selalu memendam perasaanmu alih-alih mengekspresikannya secara jujur terhadap pasangan, ini akan berdampak buruk bagi hubungan kalian. Ini juga dapat membawa rasa tak bahagia dan tidak puas bagi dirimu sendiri.

4. Membantumu mengenal pribadi pasangan lebih dalam

Jujur saja, saat kita menyukai seseorang, kita selalu ingin tahu semua hal tentangnya. Mulai dari informasi dasar seperti nama, umur, dan kesukaannya, sampai pada ranah lebih dalam seperti kehidupan pribadi dan masa lalunya. Tentu semua itu tak bisa didapat dalam waktu yang singkat. Perlu keterbukaan antar dua pribadi, diperlukan juga rasa nyaman dan saling percaya.

 

Komunikasi merupakan salah satu cara terbaik untuk saling mengenal dan membangun hubungan lebih dalam. Mulailah dengan perbincangan santai yang sederhana dan dilakukan secara rutin pada doi. Topik pembicaraan yang awalnya sepele ini dapat terus berkembang menjadi pembicaraan serius.

5. Komunikasi sebagai media untuk mengekspresikan cinta pada pasangan

Seluruh insan pasti senang bila ia mendengar kata cinta dari orang yang juga dicintainya. Salah satu ekspresi cinta pada pasangan dapat diwujudkan dalam bentuk kata-kata. Entah itu berupa dukungan atau pujian singkat pada doi. Kalimat yang diucapkan dengan tulus pasti membawa dampak positif bagi pasangan dan hubungan kita.

Jangan pernah remehkan efek penting sebuah konversasi. Saat terpisah jauh dengan pasangan pun, kamu masih bisa mengandalkan teknologi dengan mengirim pesan atau video call. Jadi, mulai kembangkan komunikasi demi membangun hubungan sehat bersama pasangan. Setuju?

Post a Comment for "5 Pentingnya Komunikasi Sehat dalam Sebuah Hubungan"